Saatnya Transaksi Emas “ONLINE”

WIn LogoPermintaan emas fisik mulai meningkat pada september 2010 akibat lonjakan minat dari dua konsumen dunia, India dan China. Demand terhadap emas sebagai pilihan investasi bahkan meningkat hingga 118% sejak kuartal I hingga triwulan II 2010. Catatan ini merupakan implikasi dari kekhawatiran terhadap krisis hutang dan proses pemulihan di negara maju. Menurut analis dari Barclays Bank, harga akan menembus level $1.500 per troy ounce dalam 12 bulan kedepan. Grafik 1 di bawah ini menampilkan pergerakan emas sejak krisis 2008. Hingga kini, emas terus membentuk level High baru, sehingga salah satu strategi terbaik untuk mengoleksinya adalah dengan membeli pada saat koreksi.

Perhitungan Emas Dalam Trading.

Dengan memilih trading Emas secara Online, anda memiliki kendali terhadap aset melalui pemakaian modal lebih kecil yang disebut “Margin Trading“. Walaupun fasilitas ini dapat digunakan kapan saja. Anda tetap harus mengelola resikonya. Sebagai gambaran, jika anda membeli emas dalam bentuk fisik, maka dibutukan $1,200 untuk menebus 1 ons emas. Namun, ketika anda memilih untuk trading secara online. Anda hanya memerlukan sekitar $12 saja untuk membeli 1 ons emas. Satu hal yang patut diingat, meski modal yang dibutuhkan hanya sebesar 1% dari harga pasar, anda sebaiknya menyiapkan simpanan lebih besar. Sisihkan modal sekitar 10 sampai 20 % dari total nilai emas yang anda koleksi. Dengan demikian, anda dapat lebih fleksibel dalam menentukan strategi trading. Melalui penempatan modal antara $10.000 sampai $20.000, peluang meraup profit yang menarik terbuka lebar. Tingkat toleransi terhadap kerugian akan lebih masuk akal dan bukan ditentukan oleh kecukupan ekuitas. Di samping itu, bila posisi pertama anda tidak efektif, potensi profit mash bisa diraih dari kenaikan harga emas.

Ilustrasi I: Mekanisme Perhitungan Emas

Contract Size : 1 lot XAU/USD = 100 Oz == $130,000 (Harga emas $1,300/oz x 100oz = #130,000)

Margin Requirement : $1,000 (Sejumlah equity yang mesti tersedia di dalam account untuk membuka 1 lot emas)

Deposit yang disarankan : $10,000 – $20.000

Ilustrasi I ini menampilkan perhitungan emas yang diperdagangkan terhadap US Dollar (Simbol XAU/USD). Emas diperdagangkan dengan contract size 100 troy ounce, jadi jika Anda Trading sebesar satu lot, maka Anda sedang mengontrol nilai emas sebesar $130,000. Dengan catatan, harga emas sedang berada di level $1,300/oz ($1,300 oz x 100 troy ounce). Adapun Margin yang dibutuhkan untk trading hanya USD $1,000. Dengan demikian, anda sedang mengontrol nilai emas senilai 130 kali lipat dari Margin yang dibutuhkan.

Ilustrasi II : Contoh Perhitungan Emas

Anda memulai transaksi dengan modal awal $10.000. Anda mempekirakan emas akan mengalami kenaikan terhadap USD dan anda membeli XAU/USD di harga $1.300 sebanyak 2 lot pada pagi hari. Pada sore hari, harga emas menguat dan anda mengeksekusi posisi transaksi di harga $$1,315.

Perhitunga Laba/Rugi =

(Harga Jual – Harga Beli) x Nilai Kontrak x Jumlah lot

(1.315 – 1.300) x 100 x 2 =$3,000

Pada ilustrasi II, anda telah membukukan profit $3,000.
Semoga pembahasan ini bisa berguna bagi aktivitas trading emas anda.

Sumber : Vicky Armanani, FM Magazine Oktober 2010

Comment Back Myspace Comments

Thank You Myspace Comments


5 responses to “Saatnya Transaksi Emas “ONLINE”

  1. indahnya berbagiiii…. sangat bermanfaat

    Like

  2. Pingback: Saatnya Transaksi Emas “ONLINE” (via WomAn iNVesTmEnt) | zauzi

  3. Pingback: Kiat Jitu Trading Emas « WomAn iNVesTmEnt

  4. Thanks for sharing your expertise.

    Evelina

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s