GoLd This Week

Hello Girls..

Minggu lalu emas ditutup d level 1356.90 pada hari jum’at 11 februari 2011, dan di hari senin dibuka di level 1356.35, turun 55 point dari harga penutupan sebelumnya. Emas (XAU) di hari senin bergerak di range sempit di area 1353 sampai 1366 yang merupakan harga tertinggi di hari senin. Menurut Philip Futures, banyaknya data perekonomian AS di pekan ini dapat membuat Emas (XAU) mengalami tekanan, jika pemulihan meningkat.

Di hari selasa, Emas mulai menunjukkan kenaikan yang cukup tinggi. Selain keluar dari range sempit di hari senin, emas juga  telah menembus resisten terkuatnya di level  1363. Hal ini disebabkan rilisnya data China dan Inggris yang memicu kekhawatiran terhadap inflasi. Menurut analis FastMarkets, James Moore “Emas menunjukkan start yang stabil sejauh ini, dengan meningkatnya kekhawatiran terhadap inflasi disertai kombinasi bertambahnya permintaan fisik dan investasi, kenaikan lebih tinggi masih berpeluang terjadi”.

Emas melanjutkan kenaikannya di hari  rabu seiring dengan meningkatnya inflasi yang mendongkrak permintaan investor terhadap logam mulia sebagai instrumen hedging. Harga emas naik sampai level 1384.80 di hari kamis. Ketegangan politik di Timur Tengah semakin memanas dan menarik minat investor global, sehingga membawa emas menjadi aset lindung nilai. Tidak adanya kejelasan mengenai apa yang akan terjadi di Timur Tengah, namun jumlah negara yang mengalami kerusuhan semakin meningkat, terakhir Libya. Hal ini mengkhawatirkan investor.

Permintaan Emas fisik tidak terlalu bergairah sejak harga naik $70 sejak akhir januari. Di Asia, pembeli menganggap harga terlalu tinggi. Premi emas batangan di Hongkong turun menjadi di bawah $2 seirng tidak begitu ketatnya pasokan paska liburan imlek. Sedangkan di China, permintaan terhadap emas semakin mengalami kemajuan akibat tingginya inflasi dan resiko apresiasi mata uang lokal yang menjadikan logam mulia ini menjadi alternatif yang menarik bagi para investor, sehingga menempatkan posisi negara tersebut sebaga pesaing utama India sebagai konsumen emas papan atas dunia. Permintaan emas di China terpantau naik hampir tiga kali lipat dalam 10 tahun.  Isu kebijakan pengetatan moneter akan kembali bermain pada tahap tertentu jika kecemasan atas data inflasi terus berlanjut, tapi sekarang dengan tidak adanya tindakan bank sentral atas hal ini berarti emas memiliki ruang lagi untuk bullish. Target $ 1400 untuk jangka pendek.

Seiring dengan semakin melebarnya ketegangan di Timur Tengah, Harga emas kembali menguat di hari jum’at hingga 1391.70 setelah berhasil menembus level resisten di 1376. Bersamaan dengan data Consumer Price yang memicu kekhawatiran inflasi yang menambah pembelian safe haven. “Kekhawatiran inflasi dan resiko geopolitik di Timur Tengah menjadi faktor utama pendorong Emas hari ini,” kata broker Commerzbank.

Harga emas di grafik 4 jam diatas masih perlihatkan trend naik. Harga emas berpeluang ke area 1395.79 namun stochastic dan CCI yang berada di area jenuh beli menaikkan ekspektasi koreksi ke area trendline atau support di 1379.05. Pecahnya support tersebut berpotensi mengoreksi harga emas ke area 1362.31.

Jika melihat Grafik diatas, emas ditutup di level tinggi di akhir minggu ini. Kenaikkan akan dilanjutkan apabla situasi politik di Timr Tengah semakin memburuk. Namun kita harus tetap waspada dengan berbagai kemungkinan yang bisa menyebabkan koreksi.

well…let’s wait what will happen next week……mau dibawa kemana harga Emas selanjutnya?

Tunggu info selanjutnya……….

Comment Back Myspace Comments

Thank You Myspace Comments


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s