Situasi Tidak Pasti?? EMAS Pasti !!

Jika anda ingin berinvestasi di pasar keuangan namun tiba – tiba muncul situasi yang tidak pasti, apa yang akan anda lakukan?

Diam saja dan menunggu sampai situasi menjadi lebih pasti, atau mencari informasi dimana menempatkan investasi yang pasti?

Sebagai investor yang cerdas, anda tentu memilih opsi yang kedua. Namun patut diketahui lebih dahulu mengapa situasi pasar keuangan bisa tidak pasti dan menentukan investasi apa yang memberi kepastian.

SITUASI TIDAK PASTI

Drama utang zona Euro semakin rumit karena bailout senilai 12 Miliar Euro, yang menjadi bagian dari program bantuan 110 miliar euro di awal tahun 2010,masih diperdebatkan. Para menteri keuangan Eropa merasa bawa Yunani belum memenuhi syarat untuk mendapatkkan bantuan. Mengingat langkah – langkah yang diambil Athena belum cukup memuaskan. Krisis hutang Yunani menimbulkan malapetaka bagi sistem perbankan. Lembaga perbankan negara tersebut diperkirakan mengelola dana US$2 Triliun yang mengalir ke Portugal, Irlandia, Spanyol dan Italia. Oleh karena itu, bisa dibayangkan apa yang terjadi bila Yunani divonis gagal bayar.

Negara perekonomian terbesar dunia, Amerika Serikat (AS), juga terperangkap situasi yang memprihatinkan akibat beban hutang sangat besar. The Fed sendiri mengakui bahwa jika AS gagal menaikkan limit hutang pemerintah yang saat ini berada pada angka US$14,3 Triliun, maka AS berpotensi kehilangan kredibilitas. Tenggat waktu kesepakatan masalah hutang ini adalah sampai 2 Agustus. Agensi pemeringkat rating bersiap memberi penilaian terhadap obligasi AS. Awal bulan lalu, Moody’s telah memperingatkan adanya peninjauan kembali terhadap peringkat obligasi AS. Bahkan terbuka peluang penurnan rating jika AS gagal menaikkan batas pinjaman. Pada bulan April, Standard & Poor’s menurunkan peringkat hutang jangka panjang ini menjadi negatif. Fitch Rating juga tidak ketinggalan bersiap memangkas rating AS jika masalah hutang gagal tidak teratasi. Bernanke bahkan menyebut jika negaranya gaal menaikkan batas hutang, maka status USD sebagai alat tukar dunia akan hancur.

INVSTASI PASTI

Mengacu pada ketidakpastian di pasar keuangan, investor merasa khawatir dengan nilai aset – aset yang mereka miliki. Apa saja bisa terjadi karena tidak ada yang tidak mungkin saat ini. Seandainya AS benar -benar gagal menaikkan batas hutangnya, maka pasar keuangan akan terguncang. Harga saham ikut runtuh dan mata uang USD akan ditinggalkan hingga nlainya terus melemah. Demikian pula dengan masalah hutang Eropa, jika terus berlanjut dan bahkan menular ke negara lain, maka investor akan hilang kepercayaan dan takut memilih transaksi aset beresiko. Lalu, apa yang harus dilakukan? Satu – satunya cara adalah mencari investasi yang pasti, keamanan terjamin dan minim resiko. Karakter seperti itu hanya ada pada EMAS, logam mulia yang terbukti  tangguh bertahan dalam krisis apapun. Harga emas terus meningkat  dari waktu ke waktu, bahkan akhir – akhir ini terlihat jelas bahwa masalah hutang zona euro dan AS justru mendorong kenaikan harganya. Seandainya masalah hutang makin memburuk, maka harga emas dipastikan semakin melambung.

Comment Back Myspace Comments

Thank You Myspace Comments


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s