EMAS, Terbanglah Tinggi !

Amerika Serikat mencatat sejarah! Untuk kali pertama dalam kurun waktu 94 tahun sejak 1917, peringkat hutang AS dipangkas satu tingkat oleh Standard & Poor’s, dari AAA menjadi AA+. Dampaknya? Bursa global anjlok dan harga saham AS turun lebih dari 5%. Indeks Dow bahkan mencatat penurunan poin terbesar dalam satu hari sejak krisis mortgage 2008 sebanyak 600 poin. Adapun mata uang dengan yield tinggi seperti AUD, yang sebelumnya sudah melemah, bahkan sempat bertengger di bawah paritas terhadap USD. Para investor tampak sangat cemas sehingga melepas aset yang berbau resiko untuk kemudian memburu safe haven.

Aset lindung nilai yang paling diburu oleh investor adalah logam mulia bernama ’emas’; aset yang kebal krisis, aset yang terus mencatat rekor tinggi dari waktu ke waktu. Setelah Standard & Poor’s mengumumkan rating hutang AS Jumat bulan lalu, harga emas pada pembukaan pasar hari senin (08/08/2011) sontak melambung tinggi. Kalau pada penutupan hari Jumat (05/08) harga emas ditutup pada level $1661.80/oz, maka pada pembukaan senin (08/08), emas langsung terbang ke $1668.55/oz atau terjadi gap harga lebih dari $27, mengindikasikan permintaan yang sangat tinggi terhadap emas.

Hingga pertengahan bulan lalu, harga emas terus mencetak rekor dengan catatan level tertinggi di $1814.55/oz yang tercapai pada tanggal 10 Agustus. Hanya dalam 4 hari berturut – turut, emas berhasil membukukan kenaikan $125. Suatu kinerja yang fantastis, menggambarkan betapa investor cemas dengan masalah hutang di AS dang perlambatan ekonomi global.

Pertanyaan klasik kembali muncul, apakah harga emas sudah terlalu tinggi? Kapankah emas mengalami koreksi tajam? Mari kita pertimbangkan beberapa fakta berikut :

  • The Fed baru saja berkomitmen untuk mempertahankan suku bunga dekat level nol persen, kemungkinan hingga pertengahan 2013. Keputusan ini makin menegaskan bahwa AS tengah berada dalam kondisi ekonomi yang cukup serius sehingga harus distimulasi dengan suku bunga rendah. USD masih akan terjebak dalam tren pelemahan untuk jangka menengah. Perlambatan kinerja ekonomi bisa jadi memaksa the Fed untuk merilis stimulus ke tiga (Q3). Fakta menunjukkan bahwa stimulus moneter melalui pencetakkan uang pasti melemahkan USD.
  • Beredar ancaman downgrade rating negara Perancis dan Inggris. Meski baru sekedar isu namun bukan suatu hal yang mustahil mengingat kedua negara ini sudah berada di atas 80% dari angka PDB masing – masing. Jika salah satu negara perekonomian terbesar di Eropa seperti Perancis saja bermasalah, maka bisa dibayangkan betapa kritisnya kondisi kesehatan moneter zona Euro.
  • Masalah hutang di Eropa juga ibarat bom waktu. Italia dan Spanyol kemungkinan menjadi korban berikutnya setelah Yunani, Portugal dan Irlandia. Meski ECB telah membelli obligasi kedua negara, dampak dari langkah ini sepertinya hanya sementara. Pasalnya, hutang kedua negara ini juga sudah cukup besar.
  • AS tidak akan mudah untuk kembali meraih predikat obligasi AAA karena konflik politik antara partai Republik dan Demokrat. Persaingan keduanya terlihat sewaktu perundingan batas hutang, yang harus melewati perdebatan panjang meski akhirnya kesepakatan berhasil dicapai satu hari sebelum jatuh tempo. Kondisi politik terkini akan membuat investor ragu pada kemampuan AS mengatasi masalah hutang.
Berdasarkan fakta – fakta di atas, kenaikkan emas rasanya belum akan berakhir. Bahkan emas masih bisa terbang lebih tinggi lagi, terutama jika isu hutang kembali meledak di pasar keuangan. Logam mulia favorit investor diperkirakan bisa menuju $2000/oz sampai akhir tahun. Isu hutang akan dengan cepat menggiring investor ke aset berbasis emas. Namun, perlu dicatat bahwa harga emas masih berpeluang mengalami koreksi karena valuasinya sudah cukup tinggi.
Sumber : Johanes Ginting,FM Magazine 55th Edition, September 2011

Comment Back Myspace Comments

Thank You Myspace Comments


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s