Crossing MA bisa menguntungkan

Indikator Moving Average adalah indikator yang umum dipakai oleh para trader dunia. Bahkan banyak alasan trading menggunakan indikator Moving Average sebagai acuannya. Salah satu sistem yang sudah lama ditetapkan adalah sistem Crossing MA. Crossing MA atau perpotongan antara 2 MA atau lebih dapat memberikan sinyal masuk untuk membuka posisi jual atau beli. Memang Moving Average adalah indikator logging atau indikator yang terlambat, akan tetapi bila kita gabungkan dengan indikator lain justru dapat memberi sinyal yang bagus. Pada artikel ini kita memakai Moving Average periode 4 exponential dan periode 20 exponential. Kita kombinasikan dengan penggunaan MACD 12, 26, 9 yang umum dipakai. Sebelumnya, mari kita analisa grafik EURUSD 30 menit berikut ini :

Aturan dari sistem ini adalah sinyal beli terjadi jika MA 4 baru memotong ke atas MA 20 dan histogram MACD berada di garis 0 dan garis signal. Sementara sinyal jual terjadi jika MA 4 baru memotong ke bawah MAA 20 dan histogram MACD berada di bawah garis 0 dan garis signal.

Pada grafik 2 di bawah ini, terjadi crossing antara MA 4 dengan MA 20 ke arah atas, tetapi pada MACD belum terlihat histogram berada di atas garis signal dan nol. Baru pada batang candle ketiga setelah perpotongan terjadi, histogram MACD berada di atas garis signal dan nol. Pada saat itu, kita dapat membuka posisi beli dengan target profit pada resisten terdekat dan stop loss jika harga kembali memotong dan tutup di bawah MA 20.

Sementara untuk sinyal jual, kita perhatikan grafik 3, harus terjadi perpotongan MA 4 terhadap MA 20 ke arah bawah dan histogram sebaiknya berada di bawah garis signal dan nol. Pada grafik 3, batang candle ke-8 setelah terjadi perpotongan, baru kita bisa membuka posisi jual. Target profit kita siapkan pada support terdekat dan stop loss jika harga kembali menembus dan tutup di atas MA 20.

Meski sistem ini cukup sederhana untuk dijalankan, tetapi cukup berpotensi menghasilkan keuntungan dalam trading. Melalui latihan serta pengamatan yang kontinyu dan konsisten, kita akan terbiasa menggunakan sistem ini dengan target profit dan stop loss yang diharapkan.

sumber : Ariston Tjendra ; FM Magazine

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s