OECD COMPOSITE LEADING INDICATORS (CLI)

Investor dan pembuat kebijakan cenderung untuk selalu memantau hasil rilis indikator ekonomi utama gabungan (leading) karena kualitas datanya sangat valid. Leading Indicator layak dijadikan acuan untuk menghitung kemungkinan  kemunginan yang bisa terjadi di masa depan. Dalam memprediksi dinamika perekonomian untuk jangka pendek, pemerintah suatu negara biasanya memilih data tertentu yang bisa mencerminkan kinerja aktivitas bisnis. Contohnya adalah Amerika Serikat (AS),yang menunjuk lembaga penelitian -spesialis bisnis yang berpusa di New York, Conference Board, sebagai pembuat indikator utama. Namun dalam dunia bisnis dan keuangan internasional, laporan yang paling sering dipelajari oleh pelaku ekonomi adalah indikator terbita Organization for Economic Co-operation and Development (OECD). OECD Leading Composite Indicator (CLI) dibuat oleh sebuah lembaga yang berkantor di Paris dan memiliki tugas untuk menghitung indeks ekonomi di 23 dari 30 negara anggotanya. Tidak hanya sampai disitu, organisasi ini juga menghitung indeks ekonomi di 7 zona geografis yang berbeda, seperti negara-negara G-7, NAFTA, OECD-Eropa, Uni Eropa, kawasan pengguna mata uang euro dan ‘Big Four‘. Ekonomi Eropa OECD memiliki indikator gabungan utama dari 23 negara anggota dan 7 kawasan ekonomi berikut ini :

  1. Empat Besar Negara Eropa : Prancis, Jerman, Italia dan Inggris.
  2. Zona Euro : Austria, Belgia, Finlandia, Prancis, Jerman, Yunani, Irlandia, Italia, Luksemburg, Belanda, Portugal dan Spanyol
  3. G7 (7 negara Ekonomi Terbesar di Dunia) : Kanada, Prancis, Italia, Jepang, Inggris dan Amerika Serikat.
  4. EU-15 * : Seluruh anggota zona Euro ditambah Denmark, Swedia dan Inggris
  5. OECD-Eropa : Seluruh negara anggota OECD termasuk 15 negara Uni Eropa ditambah Norwegia, Swiss dan Turki
  6. Seluruh Negara OECD plus NegaraEkonomi Penting : Seluruh Negara anggota OECD-Eropa ditambah Kanada, Meksiko, Amerika Serikat, Ausralia dan Jepang.
  7. NAFTA : Kanada, Meksiko dan Amerika Serikat
*Pada bulan Mei 2004, Uni Eropa diperluas menjadi Uni Eropa-25 setelah 10 anggota baru bergabung dengan Uni Eropa. Mereka adalah Republik Ceko, Estonia, Siprus, Latvia, Lithuania, Hungaria, Malta, Polandia, Slovenia dan Slovakia.

Menariknya, indeks OECD lebih menjadi pusat perhatian atau headline bagi manajer investasi dan pembuat kebijakan dibanding data lain yang dirilis secara mandiri oleh banyak negara.

OECD mengunakan data-data ekonomi dari negara-negara anggotanya guna menghitung indeks CLI untuk produksi industri di negara-negara anggota tersebut dan OECD sendiri. Terdapat dua alasan mengapa OECD menggunakan angka produksi industri ketimbang data Gross Domestic Product (GDP) itu? Pertama, output industri dipandang sebagai parameter efektif untuk mengetahui kinerja Produk Domestik Bruto (PDB) karena secara historis performa produksi industri lebih searah dengan kondisi perekonomian secara keseluruhan. Kedua, penggunaan angka prodiksi industri sebagai referensi lebih praktis karena data yang digunakan muncul setiap bulan. Sementara data PDB hanya tersedia dalam laporan per triwulan.

Sejauh mana efektivitas data CLI terbitan OECD? Apakah keberadaan dapat menjadi barometer untuk menangap sinyal pelambatan atau pertumbuhan ekonomi? Jawabannya kembali kepada pihak mana yang terlibat secara langsung dalam penggunaan data ini. Tetapi jika mengacu pada sejarahnya, serial Leading Indicator OECD menjadi sistem peringatan dini yang efektif serta mampu mengindentifikasi puncak dan palung dari suatu kondisi ekonomi di masa depan. Bahkan Bank Sentral Eropa (European Central Bank) diketahui meninjau data CLI terlebih dahulu sebelum menentukan suku bunga acuan.

Kesimpulannya adalah CLI meruoakan indikator yang cukup ideal digunakan oleh para pelaku ekonomi untuk memproyeksikan apa yang akan terjadi dalam waktu dekat. Dengan melihat rilis CLI, investor dan pebisnis dapat meramalkan kondisi ekonomi di masa depan, dan menggunakan kajiannya sebagai informasi dalam mengambil keputusan.

Sumber : FM Magazine, Azhar Fauzi Noor-Research and Educator Monex

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s