Bullish Namun Terbatas

MMM

Total hutang negara Amerika Serikat (AS) sudah mencapai$16,43 triliun atau setara 105,59% dari nilai produk domestk Bullish Namun Terbatas bruto-nya. Jumlah itu melampauibatas aman dan dan membahayakan perekonomian AS untuk jangka panjang. Kriteria aman rasio hutang terhadap PDB sendiri adalah 60%. Supaya tidak mengalami ‘default’atau gagal dalam pembayaran hutangnya, negeri Paman Sam perlu menaikkan batas pagu pinjaman segera mungkin. Apabila krisis tersebut dibiarkan berlarut-larut maka harga emas berpeluang besar menguat kembali.

Sehubungan dengan prospek emas di tahun 2013, beberapa analis keuangan memiliki beragam pandangan dengan alasan yang beragam pula tentunya. Forecast terkini menunjukkan bahwa sebagian analis tidak lagi optimis seperti bulan-bulan sebelumnya dalam menyikapi bullish emas. Analis Danske Bank di Copenhagen misalnya, hanya memperkirakan rata-rata harga emas di kisaran $1720 tahun ini. Bahkan untuk tahun 2014 proyeksinya lebih rendah, yakni di sekitar $1600 per ons. Sedangkan jajak pendapat Reuters terhadap 37 analis menghasilkan level rata rata tertinggi untuk tahun 2013 dan 2014 di $1775 dan $1780. Kenaikan harga dalam 12 tahun terakhir akan mencapai titik stabil atau tidak mengalami kemajuan berarti. Hanya Morgan Stanley yang tetap percaya diri kalau harga emas mampu merangsek ke level tinggi $1853 per ons.

Secara umum, analis pasar keuangan dan komoditi sepakat bahwa harga emas akan mengalami kenaikan tahun ini karena bank-bank sentral masih rajin menggelontorkan stimulus ke dalam sistem peekonomian negara masing-masing. Kebijakan stimulus selalu melemahkan nilai mata uang dan memicu inflasi. Quantitative Easing yang diluncurkan oleh Federal Reserve akan menggerus kurs Dollar sehingga produk yang diperjualbelikan dengan mata uang itu menjadi lebih murah bagi investor. Kenaikan inflasi juga menambah minat beli karena emas dikenal sebagai aset yang kebal dari tekanan harga produk konsumen. Selain itu, perkembangan masalah hutang AS dan krisis di Eropa juga masuk dalam pertimbangan pelaku pasar.

Mengapa sekarang banyak analis memperkirakan harga emas tidak sebullish tahun lalu? Alasan utama di balik asumsi itu adalah membaiknya kondisi perekonomian dunia. Terlepas dari masalah plafon hutang, perekonomian AS mulai menggeliat dalam beberapa bulan terakhir. Indikasi ini terlihat dari tingkat kepercayaan masyarakat yang mulai pulih, kenaikan harga perumahan dan turunnya angka pengangguran di waktu yang nyaris bersamaan. Isu seputar hutang benua biru juga mulai mereda sejak Yunani diberi bantuan dana oleh pihak otoritas Eropa. Di Jepang, perdana menteri baru Shinzo Abe membuat kebijakan besar investor perlu mengantisipasikemungkinan itu. Situasi ekonomi bisa berubah dengan cepat, demikian pula dengan sentimen pelaku pasar. Level krusial $1800 layak dijadikan acuan apakah bullish emas terbatas atau justru melanjutkan trend-nya di tahun 2013.

GRAFIK EMAS 25

Rekomendasi : Harga emas tertahan di resistance USD 1700. Level ini akan menjadi salah satu kunci untuk melanjutkan kenaikan. Level beli jangka pendek bisa di ambil di posisi USD 1620/30 dengan dengan menginjeksi perekonomian nasional dengan dana fantastis. Sinyal kebangkitan ekonomi juga terlihat di negara China, yang diprediksi kembali bertaji di tahun 2013. Emas, yang identik dengan aset safe haven, diperkirakan bergerak lebih tenang saat perekonomian membaik. Investor memiliki banyak pilihan aset investasi saat kondisi ekonomi menuju ke arah pemulihan. Konsensus analis memang tidak memprediksi adanya lonjakan harga dalam kisaran yang besar, namun menggunakan stop loss USD 10. Target Profit di bisa diambil di level USD 1670/80. EMA 200 dan EMA 50 belum ada perpotongan di grafik harian yang menjadi indikasi bahwa penurunan emas masih tertahan. Sementara MACD masih menunjukkan kenaikan dengan MACD Line masih berada di atas garis signal line namun masih dibawah angka 0. Ini menunjukkan bahwa momentum kenaikan tidak besar. Level USD 1800 merupakan titik resistance terkuat dan menjadi kunci utama bullish emas.

SUMBER : JOHANNES GINTING,FM MAGAZINE 2013

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s