Ekonomi Membaik, Emas Berbalik

eexcee5b

“Pasti banyak orang yang kecewa dengan pergerakan harga emas akhir-akhir ini. Pelaku pasar tadinya berharap harga emas melambung tinggi, terutama di awal-awal tahun saat banyak investor mengawali investasi mereka. Namun apa daya, emas tak punya tenaga untuk terus begerak menjauh atau melaju ke atas $1,700 per ons. Seperti kekurangan darah, logam mulia ini hanya bolak-bolak di area $1,630 dan $1,690 dalam dua bulan terakhir. Dan saat artikel ini ditulis, emas bahkan cenderung tertekan dan bergerak bearish dalam pola teknikal. Mengapa
emas kurang bergairah? Apakah ini pertanda bahwa harganya akan jatuh lebih dalam? Adakah peluang menarik yang bisa diperoleh dalam situasi seperti ini? Mari kita ulas pertanyaanpertanyaan tersebut satu persatu.

Kondisi ekonomi dunia memang belum pulih, namun berdasarkan perkembangan yang ada,tampak akan adanya sinyal-sinyal positif,berdasarkan estimasi 87 ekonom yang di survei oleh bloomberg.

Bagaimana dampaknya dengan emas? John Meyer,analis SP Angel corporate finance LLP, broker dan adviser di london memberikan komentar sebagai berikut : saat ini tidak terlihat adanya potensi bencana financial,investor lebih memilih aset yang beresiko dan cendrung menghindar dari emas,sikap senada juga di sampaikan oleh kepala eksekutif Barrat’s Bulletin, salah satu surat kabar di sydney, dunia belumlah hancur, kenapa kita mesti beli gold? demikian ulasan bulan lalu.masih menurutnya,investor lebih memilih bertransaksi di saham sehingga harga emas kurang bergairah akhir-akhir ini.

Investasi Emas 

Investor akan selalu mancari return hasil yang lebih menarik, meski emas mencapai kenaikan dalam 12 tahun terakhir, namun performanya selama 2011 dan 2012 tidak lah terlalu fantastis. Penilaian ivestor terhadap emas sebagai safe haven mulai menyusut seiring meningkatnya ekspektasi perbaikan ekonomi di AS dan China. Investor ternama George Soros yang memiliki perusahaan Soros Fund Management mengurangi investasi dan sahamnya di SPDR Gold Trust, bursa yang hanya memperdagangkan aset berbasis emas, perusahaan soros memangkas 55% kepemilikannya menjadi hanya 600.000 dari 1.3 juta saham pada 31 desember lalu, sementara Bacon’s Moore Capital Management LP  menjual seluruh saham nya di SPDR fund dan menurunkan kepemilikannya di sprott physical gold trust, fakta ini mengindifikasikan bahwa emas kurang menarik lagi bagi beberapa investor sehingga permintaan menurun dan laju harganya terhambat.

Masih ada peluang

Kebijakan stimulus ekonomi yang di ambil oleh bank-bank sentra dunia masih sangat mendukung mendukung harga emas, pengelontoran uang dalam jumlah besar selain berimbas pada pada pelemahan mata kurs mata uang dan juga mendorong inflasi,pembelian logam mulia oleh bank sentral akan sangat penting untuk menjaga emas agar tidak terjatuh lebih dalam, bank sentra mulai, dari brazil sampai rusia, membeli lebih banyak emas untuk  di versifikasi sebagai cadangan untuk devisa.

Otoritas negara-negara itu menambah emas sebanyak 534.6 ton pada tahun lalu atau 17% lebih besar dari tahun 2011, volume beli tahunan emas tersebut juga tercatat sebagai yang tertinggi sejak tahun 1964. Terlepas dari apa yang di lakukan oleh soros dan koleganya, tidak semua investor besar melepas aset emasnya, Paulos & Co, investor terbesar di SPDR trust misalnya, tetap mempertahankan kepemilikan saham nya senilai 21.8 juta di kuartal 1 ini.

Kembali ke pertanyaan di atas, apakah emas akan merosot lebih dalam lagi?kemungkinan besar tidak, penurunan emas saat ini tergolong sebuah koreksi yang sehat, pemulihan ekonomi memang membuat emas tidak menarik lagi di tahun-tahun sebelumnya, dan hanya cendrung menciptakan ketenangan harga,masih adakah peluang? ya! studi technikal :

EMAS.......

emas masih dalam trend bearish support emas berada di 1580, support 1580 akan menjadi support awal yang membatasi penurunan emasjika level ini tertembus berikutnya akan menuju ke level 1550 level ini sudah di cukup rendah kemungkinan besar akan banyak pembeli di level tersebut, sedangkan untuk level krusial emas berada di 1550 sedang kan untuk level kenaikannya berada di 1639/40 dan sekaligus harga untuk melihat emas sebagai penentuan akan naik dan turunnya harga emas sedang kan untuk melanjutkan kenaikannya ke harga 1670/80 emas harus close di atas harga 1630/40,kalau tidak emas masih akan dalam trend turun.

Sumber : Johanes Ginting ; FM Magazine, maret 2013

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s