Trading Breakout Non Farm Payrolls AS di Emas

Posted on Updated on

Data Non-farm payrolls (NFP) adalah salah satu market mover yang sangat berpengaruh pada pergerakan harga emas. Data ini melaporkan perubahan penambahan tenaga kerja di luar bidang pertanian di Amerika Serikat.

Mengapa data ini menjadi begitu penting? Karena data ini menjadi salah satu acuan pertimbangan dari bank sentral AS untuk mengeluarkan kebijakan moneter. Salah satu tugas dari bank sentral AS adalah mengusahakan pembukaan lapangan kerja seluas-luasnya.

Bila situasi tenaga kerja memburuk, bank sentral akan mengeluarkan kebijakan moneter yang lebih longgar seperti menurunkan suku bunga atau menggelontorkan stimulus lainnya yang akan berimplikasi pada tersedianya likuiditas dollar AS yang besar di pasar sehingga nilai dollar AS akan terdepresiasi/melemah.

Dan sebaliknya, jika situasi tenaga kerja membaik, bank sentral akan mengeluarkan kebijakan moneter yang lebih ketat seperti menaikan suku bunga atau menghentikan program stimulus moneter yang akan berdampak pada pengurangan likuiditas dollar AS di pasar sehingga nilai dollar AS akan terapresiasi/menguat.

Apa kaitannya dengan pergerakan emas? Instrumen emas yang dihargai dalam dollar AS (symbol XAU/USD) tentunya akan terpengaruh oleh apresiasi ataupun depresiasi dollar AS. Apresiasi dollar AS akan menekan turun pergerakan harga XAU/USD. Sementara depresiasi dollar AS akan mendorong penguatan harga XAU/USD.

Tabel Pergerakan Harga XAU/USD Setelah NFP

Tanggal

Prediksi  (K)

Aktual (K)

 

Tingkat      Pengangguran

Pergerakan       Emas

8 Mar 2013

162

236

+

Turun

-$17

1 Feb 2013

161

157

Naik

+$19

4 Jan 2013

150

155

+

Naik

+$22

7 Des 2012

89

146

+

Turun

-$14

2 Nov 2012

123

171

+

Sama

-$30

5 Okt 2012

114

114

=

Turun

-$17

7 Sep 2012

123

96

Turun

+$46

Bagaimana cara menangkap peluang? Salah satu strategi untuk menangkap peluang NFP di emas adalah dengan strategi breakout dengan menempatkan order stop buydan sell di atas/dibawah level resisten/support yang sudah kita tentukan sebelumnya.

  1. Kita memerlukan grafik 5 menit.
  2. 5-10 menit sebelum data keluar, kita sudah mulai mendefinisikan garis support dan resisten.
  3. Support (S1) bisa kita ambil dari level terendah yang terbentuk beberapa saat sebelum data keluar (bisa 5, 10, 15, 30 menit hingga 1 jam sebelumnya). Bila support (S awal) yang kita tentukan ternyata terlanggar oleh pergerakan harga sesaat sebelum data keluar, kita turunkan support kita ke level terendah pada batang 5 menit sebelum data keluar.
  4. Resisten (R1) bisa kita ambil dari level tertinggi yang terbentuk beberapa saat sebelum data keluar (hingga 1 jam sebelumnya). Bila resisten (R awal) yang kita tentukan ternyata terlanggar oleh pergerakan harga sesaat sebelum data keluar, kita naikkan support kita ke level tertinggi pada batang 5 menit sebelum data keluar.
  5. Untuk posisi masuk, tempatkan stop buy sekitar 1 dollar di atas R1 (perhitungkan pula spread) dan tempatkan stop sell sekitar 1 dollar di bawah S1.
  6. Untuk stop loss, tempatkan order untuk cut loss posisi buy di bawah S1 dan ordercut loss posisi sell di atas R1. Atau bila terlalu jauh level cut loss-nya, perkecil posisi cut loss setelah order masuk terkonfirmasi yaitu untuk cut loss posisi buy, ditempatkan $2 di bawah R1 dan untuk cut loss posisi sell, ditempatkan $2 di atas S1.
  7. Untuk target profit, bila mempertimbangkan rata-rata pergerakan setelah NFP, maka target profit terdekat bisa ditempatkan dengan jarak $7-$12 dari titik masuk.

Trading mengikuti pergerakan NFP merupakan salah satu trading yang beresiko. Jadi selalu tempatkan stop loss karena bila harga berubah arah, pergerakannya akan sangat besar.
Ilustrasi:

tradingnfp124 april

tradingnfp2 24 april

sumber

Advertisements

7 thoughts on “Trading Breakout Non Farm Payrolls AS di Emas

    Rebound Emas Mungkin Terbatas Di 1270, Tunggu NFP | said:
    September 5, 2014 at 8:28 am

    […] mover penting hari ini adalah data Non-Farm Payrolls, Tingkat Pengangguran dan Rata-rata Penghasilan Per Jam di AS. Hasil yang lebih bagus dari […]

    Like

    Emas Dalam Kisaran 1280-1287, Menunggu NFP | said:
    August 1, 2014 at 6:07 am

    […] ini market mover penting dari AS adalah data Non-Farm Payrolls, Tingkat Pengangguran, Average Hourly Earnings dan ISM Manufacturing PMI. Harga emas bisa bergerak […]

    Like

    Emas Nikmati Pelemahan Dollar | said:
    July 2, 2014 at 9:07 am

    […] per troy ons. Tertahannya harga emas mungkin karena pasar menunggu beberapa data penting seperti Non-farm Payrolls AS dan keputusan rapat kebijakan moneter Bank Sentral Eropa. Sementara penguatan harga emas masih […]

    Like

    […] akibat dukungan Bank Sentral AS terhadap suku bunga rendah dan konflik Irak. Menjelang rilis data Non-farm Payrolls AS, indeks dollar AS juga tertekan dalam. Sepertinya para pelaku pasar enggan memegang dollar. […]

    Like

    […] ini pasar akan mengalihkan fokusnya pada data tenaga kerja AS, Non-farm Payrolls dan Tingkat Pengangguran. Data NFP yang kuat berpeluang menekan turun nilai tukar dollar AS, dan […]

    Like

    Emas Masih Tertekan, Waspada Resisten 1300 | said:
    April 30, 2014 at 6:11 am

    […] ini pasar menunggu data CPI Flash bulan April Zona Euro, ADP Non-farm Payrolls AS dan hasil rapat FOMC […]

    Like

    Peluang Rebound Emas Tunggu Resisten 1295 | said:
    April 3, 2014 at 5:58 am

    […] di atas $1290 an per troy ons kemarin sore, kemungkinan karena pasar melepas posisi jual menjelang data Non Farm Payrolls Jumat […]

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s