TRAIL YOUR STOP, RUN YOUR PROFIT

WIn LogoKami mengulas seluk beluk trailing stop, berikut dengan implementasinya. Semoga dapat berguna dalam pengambilan keputusan trading Anda.

Trailing stop
Untuk memahami trailing stop, bayangkan Anda membeli emas di harga $1,750. Setelah emas berhasil menguat, misalnya ke harga $1,800 dan Anda melihat floating profit telah mencapai $5,000, Anda kemudian pergi berlibur. Pada saat  kembali, ternyata harga telah turun ke level $1,730 sehingga Anda menanggung  floating loss $2,000.

POSISI TANPA TS

Kejadian seperti itu sebenarnya sangat mudah di antisipasi dengan menggunakan  stoploss yang bergerak aktif mengikuti pergerakan harga. Stop inilah yang dikenal dengan ‘trailing stop’. Dengan trailing stop, Anda akan mendapat dua manfaat sekaligus; keuntungan yang terkawal dengan baik dan ruang untuk peningkatan keuntungan tetap tersedia.

Tipe-tipe Trailing stop

Ada banyak teknik dalam menerapkan trailing stop, di antaranya bisa dengan cara manual yakni menggunakan kelipatan poin setelah harga bergerak sesuai dengan harapan. Atau, dengan menggunakan level-level penting pergerakan harga, seperti pada gambar di bawah ini.

TS MANUAL
Ketika harga bergerak sesuai harapan, maka stop dapat dinaikkan berdasarkan poin tertentu dari harga. Hal serupa juga dapat dilakukan secara manual dengan
memakai titik-titik penting harga. Misalnya significant low terakhir digunakan sebagai stoploss posisi buy atau significant high untuk posisi sell.

Trailing stop pada Metatrader

Intinya sangat sederhana. Trailing stop ini akan mengelola order stop loss Anda pada ukuran poin tertentu di bawah harga pasar (atau di atas harga pasar untuk  sell) dan akan terus disesuaikan secara bertahap sesuai dengan fluktuasi harga. Cara penggunaan trailing stop; klik kanan pada posisi yang terdapat pada tab  trade di terminal window, trailing stop. Tentukan poin yang Anda inginkan.

TS

Mekanisme kerja trailing stop pada MT4 Setelah memilih poin pada trailing  stop, maka sistem akan bekerja dan aktif jika posisi transaksi mengalami  keuntungan dengan jumlah lebih besar dari poin trailing stop yang sudah  ditentukan. Poin pada trailing stop tersebut adalah poin pemicu dan menjadi  tolak ukur bagi sistem untuk menyesuaikan stop lama Anda ke level yang baru.

Pada gambar di bawah ini, Anda membeli emas pada harga $1,630 dan menempatkan trailing stop sebesar $20 (2,000 poin). Ketika harga menguat ke $1,650, sistem trailing stop akan aktif dan langsung menempatkan stoploss pada level entri $1,630 (jika menggunakan initial stop loss, trailing stop akan bergerak dari level  stop loss yang di-input). Demikian juga ketika harga kembali, menguat ke level  $1,660 maka stop loss pun menyesuaikan diri sebesar $20 dari level harga tertinggi.

TS MT4

Selanjutnya trailing stop akan bergerak naik poin-per-poin seiring dengan  kenaikan harga. Namun tentunya stop ini tidak akan mengalami penurunan (untuk buy) ketika harga melemah. Terakhir, ketika harga mencapai puncak  $1680, maka stop loss pun bergerak menjadi $1,660 (konsisten 20 dolar di  bawah harga tertinggi).

Sumber : Iswardi Lingga; FM Magazine

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s