Emas Lebur Dihantam THE FED

Emas langsung rontok ke bawah $1.300, setelah FEDERAL RESERVE Amerika Serikat secara transparan memaparkan wacana pengurangan stimulus mulai tahun ini. Harga emas itu merupakan yang termurah sejak 16 September 2010. Lebih jauh, The Fed bahkan berniat mengakhiri program pembelian obligasi apabila perekonomian semakin membaik. Di tengah spekulasi moneter tersebut, emas telah mencatat penurunan  sebanyak 23% tahun ini. Logam anti-inflasi kini tengah menapaki koreksi tahunan untuk pertama kalinya setelah konsisten menguat selama 12 tahun terakhir.

Meskipun terjadi pembelian fisik saat harga mendekati level $1.300 per ons, emas tidak sanggup bertahan dari gempuran aksi jual investor yang terlanjur hilang kepercayaan. Mereka tidak lagi menganggap aset logam mulia sebagai instrumen menguntungkan sejak harganya turun cukup dalam di bulan april 2013. Dalam pergerakannya, kebijakan stimulus The Fed sangat berhubungan erat dengan harga emas. Frederique Dubrion, Presiden dan kepala investasi Blue Star Advisor SA, Jenewa, mengatakan bahwa komentar terbaru The Fed adalah sinyal terbaru yang menandai akhir dari fase kenaikkan (bullish) emas. “Salah satu daya tarik emas, khususnya sejak 2008, adalah iklim pelonggaran kuantitatif. Saat The Fed memperlambat laju stimulus, maka ini jelas bukan sinyal yang bagus bagi emas” ujar Dubrion.

Dengan melihat tren yang terjadi saat ini, sulit berharap akan terjadinya penguatan harga dalam jumlah signifikan. Pelaku pasar terus terbawa arus tren bearish emas dan memutuskan untuk masuk ke aset dengan tawaran return yang lebih menjanjikan. Aset seperti saham menjadi salah satu pilihan utama seiring berjalanya roda pemulihan di negara perekonomian terbesar dunia. Meskipun saham – saham juga mengalami pelemahan, koreksi yang terjadi cukup sehat dan cenderung hanya berlangsung sesaat.

Dalam beberapa waktu ke depan, volume pembelian fisik kemungkinan ikut berkurang. Walter de Wet, Analis Standard Bank Plc di Johanesburg mengatakan bahwa tren pembelian koin logam dan perhiasan saat harga berada di level murah tidak akan terulang lagi. Aksi beli dalam jumlah besar yang terjadi April lalu bisa jadi adalah momentum positif terakhir tahun ini. Negara India, yang merupakan konsumen utama emas dunia telah menaikkan pajak impor logam mulia di bulan Juni demi mengendalikan defisit neraca perdagangannya. Sementara pembelian fisik di wilayah Amerika Utara dan Eropa anjlok sebanyak 80% dibandingkan catatan bulan april sebagaimana dilaporkan oleh Kitco Metals Inc.

GOLDPRICE & QE

Dengan demikian, sangat wajar apabila saat ini pelaku pasar semakin bearish dalam menyikapi tren harga emas. Prediksi berikut sedikit banyak bisa menjadi acuan atau cermin dari prospek emas ke depan :

  • UBS AG menilai harga emas berpeluang ke level $1.250 per ons dalam hitungan waktu satu bulan.
  • Ric Deverell, Kepala Riset Komoditi Credit Suisse Group AG, menyatakan bahwa harga rawan jatuh ke kisaran $1.100 per ons dalam satu tahun mendatang.
  • Nouriel Roubini, Profesor Universitas New York di bidang ekonomi dan bisnis internasional, membuat forecast harga emas, dimana pelemahan akan menuju $1.000 sebelum 2015. Seperti diketahui, Logam mulia kuning ini mencapai rekor harga di $1,921.15 pada bulan September 2011.

Gold chart daily

Sangat menarik untuk terus mengikuti perkembangan harga emas meski dalam tren bearish. Mengingat dalam transaksi derivatif selalu ada peluang untuk  jual ketika harga cenderung turun atau sebaliknya. Dan jangan pernah lupa untuk menempatkan batas resiko ketika harga bergerak di luar harapan.

Rekomendasi : Emas sedang berada dalam trend bearish dengan support terletak di area 1,260. Berdasarkan hitungan Fibonacci Retracement di level 61,8%, target berikutnya adalah level 1,150 yang merupakan fibo dari level 680, yang tercatat di tahun 2008 ke rekor tertinggi tahun 2011 di 1,921. Sementara pada indikator Guppy, grafik yang mewakili tren investor memperlihatkan target Resistance 1,380 dan level 1,428 sebagai resistance terkuat emas.

Sumber : Johanes Ginting; FM Magazine 2013

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s