5 Hal Penting Jelang Sesi New York

2013-07-10_200822Faktor Penggerak Bursa AS, Rabu 7 Agustus:

  1. Market Tone: Situasi market hari ini diwarnai sentimen negatif bursa saham global yang dimotori pelemahan indeks Nikkei Jepang cukup dalam terkait kecemasan koreksi indeks Dow Jones yang masih dibayangi potensi pengurangan stimulus QE3 setelah pejabat The Fed yang dovish seperti Charles Evans maupun Dennis Lockhart memberikan sinyal berakhirnya kebijakan easy money The Fed cenderung terjadi lebih cepat, namun tidak menyediakan waktu yang spesifik atas berakhirnya program tersebut.
  2. BoE Forward Guidance: Bank sentral Inggris (BoE) melakukan perubahan kerangka kerja kebijakan moneter secara signifikan dengan memberikan acuan tingkat suku bunga 0.5% dan skala pembelian obligasi tidak akan berubah selama target angka pengangguran belum jatuh dibawah level 7%. Gubernur BoE, Mark Carney juga menaikkan proyeksi laju GDP Inggris 2013 dan 2014 lebih tinggi dibanding estimasi sebelumnya dengan optimisme pemulihan ekonomi. Secara keseluruhan panduan moneter BoE ini ditujukan untuk menghilangkan ketidakpastian suku bunga sehingga memudahkan berbagai bisnis melakukan ekspansi dan berpotensi mendongkrak laju ekonomi.
  3. Carry Trade Unwind: Sentimen pengalihan resiko tampak pada indeks Nikkei Jepang dan Mata uang Yen Jepang menjelang keputusan BoJ besok yang menyebabkan para investor enggan untuk melanjutkan aksi beli seiring kecemasan tidak adanya penambahan stimulus dari BOj selain itu masih ada resiko pengurangan stimulus dari The Fed pada bulan September. Alhasil dollar AS melemah dan mata uang  Yen Jepang menguat akibat aksi repatriasi para investor Jepang.
  4. Fed Speaker: Fokus selanjutnya akan tertuju pada komentar Presiden Fed Philadelphia Charles Losser dan Presiden Fed Cleveland Sandra Pianalto yang diharapkan dapat memberikan petunjuk lebih lanjut terkait arah kebijakan moneter The Fed. Berbagai analis, termasuk juga Goldman Sachs masih optimis bahwa Federal Reserve akan mulai mengurangi program pembelian aset ronde ketiga nya di bulan September, yang diperkirakan akan mencapai total angka $1.3 trilyun.
  5. US Russian Tension: Ketegangan Russia dan AS meningkat setelah Obama membatalkan agenda rapatnya dengan Putin di Moscow terkait sikap Russia untuk mengijinkan pemberian suaka bagi Edward Snowden yang dianggap membocorkan rahasia intelejen AS. Pembatalan pertemuan ini berisiko menghambat agenda kerjasama AS – Russia di sektor lainnnya khususnya penanganan masalah Iran dan konflik Syria.    

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s