Strategi Ichimoku Kinko Hyo

Ichimoku memiliki banyak metode penghasil sinyal transaksi yang berguna bagi efektifitas kinerja trading. Anda dapat menggunakan salah satu metode tersebut atau bahkan menggabungkan beberapa metode untuk saling memberi konfirmasi.

Sinyal Cross Over
Sinyal cross over muncul ketika terjadi perpotongan antara satu garis komponen Ichimoku dengan garis lain maupun garis pergerakan harga. Metode perpotongan ini adalah penghasil sinyal terbanyak dari indikator Ichimoku Kinko Hyo.  Pada kategori di bawah ini, terdapat beberapa metode perpotongan yang bisa memberi identifikasibullish atau bearish pada pergerakan harga, namun dengan tingkat akurasi yang berbeda.
Keseluruhan metode tersebut dapat dibagi ke dalam 3 kategori:

  1. Sinyal kuat untuk beli (strong buy), dihasilkan ketika perpotongan bullish terjadi di atas Kumo (awan). Sebaliknya, sinyal kuat untuk jual (strong sell) adalah saat perpotongan bearish terjadi di bawah Kumo.
  2. Sinyal netral untuk beli maupun jual dihasilkan ketika perpotongan bullish/bearish terjadi di dalam Kumo.
  3. Sinyal lemah untuk beli muncul ketika perpotongan bullish terjadi di bawah Kumo, dan sinyal lemah untukjual dihasilkan ketika perpotongan bearish berada di atas Kumo.
Sangat penting untuk mencermati tiga kategori di atas sebelum mengidentifikasi setiap sinyal yang dihasilkan oleh metode cross over.

1.     Tenkan & Kijun Cross

Pada metode ini, sinyal Bullishdiperoleh ketika garis Tenkan Sen memotong ke atas garis Kijun Sen. SedangkanBearish terpicu saatTenkan Sen memotong ke bawah garis Kijun Sen.
ichimoku3-1
Gambar 1. Memberi ilustrasi tentang kekuatan sinyal yang dihasilkan pada grafik Euro Daily.
2.     Kijun & Price Cross
Sinyal ini diperoleh ketika terjadi perpotongan antara harga dengan garis Kijun Sen. Bullish terjadi ketika harga memotong ke atas garis Kijun Sen, sedangkan bearish terpicu saat harga memotong ke bawah Kijun Sen. Seperti halnya cross Tenkan dan Kijun, kuat atau lemahnya kualitas sinyal dinilai berdasarkan letak perpotongan terhadap posisi Kumo atau awan.
 ichimoku3-2
Gambar 2. Memberi ilustrasi sinyal yang lebih cepat dihasilkan oleh perpotongan harga dengan garis Kijun Sen.
3.     Chikou Span Cross
Bagi kalangan traders Ichimoku, perpotongan antara Chikou Span dengan harga biasanya diambil sebagai sarana konfirmasi sinyal terdahulu dengan sentimen yang telah terjadi di pasar selama periode tersebut. Cross ini diperoleh dengan cara membandingkan posisi Chikou Span terkini (secara default diletakkan mundur 26 periode ke belakang) dengan harga pada 26 periode yang lalu.
Jika Chikou Span memotong harga ke atas harga (dari bawah), maka sinyal ini dikatakan bullish atau sebagai konfirmasi valid dari sinyal buy lainnya. Sebaliknya, jika Chikou Span bergerak dari atas memotong ke bawah harga, maka sinyal tersebut bearish, di samping sebagai konfirmasi valid bagi sinyal sell lainnya.  (lihat gambar 3)
ichimoku3-3
Gambar 3. Chikou Span Cross dan Senkou Span Cross.
4.     Senkou Span Cross
Jika Senkou Span A dari bawah memotong ke atas garis Senkou Span B, maka sinyal yang dihasilkan bullish. Dan jika Span A dari atas memotong ke bawah garis Span B, maka sinyal yang dihasilkan bearish.
Pada gambar 3, sinyal strong yang dihasilkan oleh Chikou Span muncul setelah di didahului oleh sinyal lemah sebelumnya. Sementara pada bagian kanan grafik, terdapat dua contoh sinyal kuat dari buy dan sell yang di hasilkan oleh Senkou Span Crossover.
Pedoman yang harus dipegang setiap menggunakan salah satu (atau lebih) metode di atas adalah mengutamakan perspektif jangka panjang dibandingkan jangka waktu lebih pendek. Mengingat jangka waktu lebih pendek mengandung volatilitas lebih banyak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s