Scalping Fractal

“‘Scalping’ adalah salah satu metode trading yang paling sering digunakan oleh para trader. Prinsip kerja dari metode ini adalah menargetkan perolehan pips kecil, dan terkadang juga digabungkan dengan penggandaan lot transaksi secara berkala. Dengan mengincar perolehan pips yang kecil, posisi transaksi diharapkan bisa segera diselesaikan dan potensi kerugian dapat diminimalisasi.”

Kali ini, kami akan mengambil contoh salah satu metode scalping dengan menggunakan sebagian kecil teori dalam ‘Chaos Theory’ yang dicetuskan oleh Bill William, yaitu dengan menggunakan indikator fractal. Sebagai informasi, indikator ini sudah tersedia di platform Monex Trader.

1. Sebagai langkah awal, kami memasang indikator fractal pada bingkai waktu M30. Instrumen yang dipakai sebagai contoh dalam hal ini adalah AUD/USD (lihat gambar 1).

Gambar  1. AUDUSD M30 dengan fractal

fractal 1

2. Tarik garis mendatar pada setiap shadow high dan shadow low yang ditandai oleh fractal tersebut (lihat gambar 2).

Gambar 2. Tarikan garis pada fractal AUDUSD M30

fractal2

3. Geser bingkai waktu dari M30 ke M15. Dengan menggunakan tarikan garis mendatar sebelumnya, kita akan mengambil posisi 1 menit sebelum candle di bingkai M15 ditutup. Klik buy atau beli apabila pada menit ke-59 terbentuk candle bullish yang badannya memotong garis buy area, dan klik sell atau jual apabila pada menit ke-59 terbentuk candle bearish yang badan-nya memotong garis sell area (lihat gambar 3).

Gambar 3. Persiapan masuk posisi di AUDUSD M15

fractal3

4. Di menit ke-59, akhirnya  saya klik buy karena candle yang terbentuk di sana adalah candle bullish yang badan-nya memotong buy area. Kemudian tidak lupa saya letakkan stop loss sedikit di bawah garis yang sebelumnya kita tandai sebagai sell area. Stop loss adalah bagian paling penting dari metode scalping (lihat gambar 4).

Gambar 4. Masuk posisi di AUDUSD M15

fractal4

5. Setelah menunggu sekitar 30 menit, candle bullish kembali muncul dan terlihat juga kalau harga sudah berada di atas posisi buy yang tadi kami ambil. Sebagai masukan, posisi sebaiknya segera dilikuidasi walaupun potensi kenaikan masih cukup tinggi.

Gambar 5. Potensi target profit di AUDUSD M15

fractal5

6. Disarankan pula untuk beristirahat sekitar 1-2 jam setelah mengakhir satu posisi, baru kemudian bisa kembali menggunakan metode ini. Demikian contoh penggunaan indikator fractal pada metode scalping. Selamat mencoba

One response to “Scalping Fractal

  1. Great info, really appreciate it. I am using an expert advisor called RobotFX to trade and manage trades and another one named Renko to generate renko charts. Of course, this is a question of preferences.
    Some traders use no other tools but the naked chart. But when I look at an empty chart, I see nothing. I need at least a moving average and an oscillator :)v

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s