Mengoptimalkan Manajemen Risiko dan Keuangan dengan Tradeworks

images
Platform Tradeworks dilengkapi dengan suatu fitur berisi opsi-opsi pengaturan manajemen risiko dan keuangan, yang berfungsi untuk mengoptimalkan strategi trading

Fitur manajemen risiko dan keuangan Tradeworks ini dapat disesuaikan dengan mudah, untuk mendapatkan hasil yang optimal. Penyesuaian pada besarnya take profit, stop loss, dan trailing stop ini dapat mengubah performa strategi (win to loss ratio). Pengaturan manajemen risiko dengan risk and reward yang sesuai akan menja- ga tingkat ekuitas sehingga dapat menambahkan peluang trading di masa datang. Dalam menyusun suatu strategi trading perlu adanya peyesuaian dengan kondisi pasar. Fitur Manajemen Keuangan pada Tradeworks memungkinkan penyesuaian strategi dengan mudah. Fitur-fitur Manajemen Keuangan Tradeworks
meliputi:
1. Pengaturan Entri (Entry Settings)
1.1. Jumlah Lot (Trade Size) Opsi ini mengatur jumlah besaran lot yang diambil masing-masing sisi (buy/sell) setiap kali sinyal terbentuk. Besarnya lot buy dan sell dapat berbeda sesuai pengaturan nasabah. Opsi ini adalah opsi wajib yang tidak boleh dihapus pada strategi Tradeworks.
2. Pengaturan Exit (Exit Settings)
2.1. Exit Berdasarkan Indikator (Custom Exit) Opsi ini memungkinkan penyusunan kondisi keluar posisi (exit signal) berdasarkan logika, sepeti logika masuk posisi (entry signal). Logika dapat disusun menggunakan indikator teknikal, price action, maupun kombinasi keduanya.
2.2. Tentukan Stop Loss (Position Stop Loss) Opsi Stop Loss digunakan untuk menentukan besarnya loss yang siap diterima. Terdapat dua pilihan untuk menentukan Stop Loss, yaitu berdasarkan besarnya nominal loss, atau berdasarkan besarnya pips pada pergerakan harga.
2.3. Tentukan Take Profit (Position Take Profit) Opsi Take Profit digunakan untuk menentukan besarnya profit yang akan diambil. Pengaturan opsi ini sama dengan opsi stop loss, hanya kondisinya yang berlawanan.
2.4. Trailing Stop
Opsi yang memungkinkan untuk mengatur level stop loss yang bergerak dinamis yang searah dengan posisi trade. Trailing stop ditentukan dengan menggunakan besaran poin.
2.5. Exit Berdasarkan Waktu (Time to Close)
Opsi untuk membatasi waktu trading. Suatu posisi akan otomatis ditutup sesuai dengan rentang waktu yang ditentukan. Pengaturan opsi ini berdasarkan menit.
3. Manajemen Strategi Tambahan
(Strategy Management)
3.1. Strategi Stop Loss Tambahan
(Strategy Stop Loss) Opsi untuk mengambil tindakan bila strategi yang
diaktifkan sudah mencatat loss senilai yang diten- tukan. Pilihan dari opsi ini adalah: tidak membuka posisi baru, menutup semua posisi dari strategi ini dan menonaktifkan strategi. Pengaturan opsi ini berdasarkan besarnya nominal dari mata uang yang diperdagangkan. Contoh: Pada pasangan GBP/USD nominal 1000 berarti senilai $1000.-, sedangkan pada USDJPY nominal 1000 senilai ¥1000.-.
3.2. Eksposur Maksimum dari  Ekuitas/Modal

(Maximum Exposure) Opsi untuk mengambil tindakan bila ekuitas keseluruhan akun sudah turun mencapai persen-tase (%) yang ditentukan sebelumnya. Pilihan dari opsi ini adalah hanya salah satu dari tiga opsi : menutup semua posisi terbuka; menutup semua posisi profit; atau menutup semua posisi loss. Juga dapat ditambahkan pengaturan tidak membuka posisi searah.

3.3. Maksimum Posisi Terbuka (Maximum Open
Position) Opsi untuk membatasi banyaknya trade berdasarkan sinyal yang terjadi. Fungsi dari opsi ini adalah untuk menghindari terjadinya over-trade.
3.4. Maximum Lot yang Dibuka
( Maximum Open Lots) Opsi untuk membatasi akumulasi maksimal lot yang dapat diperdagangkan. Fungsi dari opsi ini juga untuk menghindari terjadinya over-trade.
3.5. Multiple Sinyal Masuk (Multiple Entry
Signal) Opsi untuk menentukan hal yang harus dilakukan bila terbentuk sinyal baru setelah ada posisi trading. Bila muncul sinyal searah posisi yang se- belumnya, dapat diabaikan atau buka lagi posisi
tambahan. Bila muncul posisi berlawanan dengan sebelumnya, terdapat salah satu pilihan opsi: klik Abaikan, Tutup posisi yang ada, Tutup dan buka kebalikannya, dan Hedging. Opsi ini adalah opsi wajib yang tidak boleh dihapus pada strategi Tradeworks. Pemahaman dan pengelolaan manajemen risiko, disertai pemahaman terhadap kondisi pasar dan penyesuaian strategi yang digunakan dapat memberikan hasil trading yang lebih baik
Andian Widjaya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s