AUTOCHARTIST

Volatilitas harga yang tinggi saat trading membuat trader takut masuk ke pasar. Namun hal itu bisa diatasi dengan mengkalkulasi resiko menggunakan analisis volatilitas AUTOCHARTIST. Perkiraan kisaran harga per jam dan beberapa hari ke depan bisa diterka.

Pergerakan harga di pasar keuangan berfluktuasi sehingga menimbulkan resiko transaksi karena pergerakan harga. Untuk itu diperlukan kemampuan menganalisa pergerakan pasar yang penuh volatilitas. Dengan pengetahuan akan volatilitas harga, trader bisa menentukan level Target Profit (TP) dan level Stop Loss (SL) yang sesuai dengan kondisi pasar saat itu sehingga bisa mngelola resiko transaksi dengan lebih baik.

Autochartist, alat bantu transaksi yang difasilitasi Monex, memiliki fitur yangbisa membantu anda untuk menganalisa volatilitas harga. Fitur Analisis Volatilitas di Autochartist memberikan gambaran komprehensif mengenai ekspektasi kisaran pergerakan harga dari instrumen yang dipilih berdasarkan riwayat data 6 bulan ke belakang.

Analisis volatilitas akan membantu trader untuk mengevakuasi pergerakan suatu instrumen pada waktu perdagangan tertentu dan menilai resikonya.

Dalam fitur Analisis Volatilitas, trader bisa mendapatkan informasi mengenai :

  • Perkiraan Kisaran Harga (Price Range Forecast)
  • Perkiraan Per Jam (Movement Per Hour)
  • Perkiraan Per Hari (Movement Per Day)

Sebelum menggunakan Fitur Analisis Volatilitasa, pastikan zona waktu yang dipilih di Autochartist web application adalah Asia/Jakarta. Kemudian di fitur tersebut, kita memilih instrumen. Sebagai contoh di tulisan ini adalah GBPUSD.

2016-06-19_215647

Perkiraan Kisaran Harga

Di dalam fitur Perkiraan Kisaran Harga, ekspektasi pergerakan kisaranharga untuk GBPUSD ditampilkan pada interval waktu mulai dari 15 menit hingga 24 jam (harian) ke depan pada hari dan jam tertentu. Pada contoh tertulis kisaran harga GBPUSD pada waktu 4 jam tertulis level bawah 1.4314 dan level atas 1.4396. Ini berarti ada ekspektasi harga untuk selang waktu 4 jam ke depan, akan berada di kisaran tersebut. Hal ini berlaku juga untuk selang waktu yang lainnya.

Level bawah dan level atas ini bisa kita jadikan level Stop Loss dan Level Target Profit untuk 4 jam ke depan. Dengan menempatkan level Stop Loss di luar kisaran tersebut, kemungkinan level stop tidak tersentuh menjadi lebih besar.

Pergerakan Per Jam

Selain ekspektasi pergerakan kisaran harga untuk selang waktu tertentu, Analisa Volatilitas juga menampilkan kisaran pergerakan harga berdasarkan jam dalam 1 hari. Ini memberikan informasi bahwa di jam X akan terjadi pergerakan sebesar Y.

Pergerakan per jam ini memperlihatkan volatilitas yang berbeda – beda pada sesi trading yang berbeda. Kisaran pergerakan pada sesi Asia, berbeda dengan sesi Eropa dan Amerika. Pada gambar di bawah, terlihat kisaran GBPUSD mulai membesar di atas jam 13.00 hingga jam 23.00WIB. Pada jam 14.00WIB, kisaran pergerakan rata – rata GBPUSD sebesar 39 pip dengan 68% kemungkinan bisa mencapai kisaran maksimum 46 pip dan kisaran minimum 31 pip.

2016-06-20_043142

Dengan pengetahuan pergerakan per jam ini, trader bisa mengelola posisi transaksinya dengan lebih baik. sebagai contoh, kita masuk posisi beli / jual sekitar pukul 14.00 WIB, kemudian kita menempatkan stop loss lebih kecil atau sama dengan 46 pip, maka probabilitas terkena stop loss cukup besar. Solusinya, tempatkan stop loss dengan jumlah pip lebih besar dari informasi kisaran tersebut atau melakukan transaksi di jam perdagangan yang memiliki kisaran lebih kecil seperti di jam 00.00 – 13.00 WIB.

Pergerakan Harian

Fitur Analisis Volatilitas juga menampilkan kisaran pergerakan harga untuk 5 hari dalam 1 minggu. Pada gambar di bawah terlihat bahwa rata – rata pergerakan harisn tertinggi GBPUSD terjadi pada hari selasa sekitar 150 pip. Dengan kisaran maksimum sebesar 180 pip dan minimum sebesar 120 pip.

2016-06-20_050954

Dengan informasi ini kita mengetahui kira – kira maksimum pergerakan harga dalam 1 hari. Dan ini bisa dijadikan sebagai peringatan kemungkinan adanya pembalikkan arah pasar jika kisaran harian sudah tercapai.

Dari penjelasan di atas, kita misa menyimpulkan betapa pentingnya informasi mengenai kisaran pergerakan harga dalam bertransaksi. Dengan mengetahui volatilitas harga, trader bisa memperbaiki SLTP dengan efektif dan meningkatkan probabilitas kesuksesan dalam bertransaksi.

Fitur Analisis Volatilitas Autochartist sangat membantu dalam pemberian informasi tersebut. Alat bantu trading Autochartist hanya bisa didapatkan bila membuka akun trading di Monex.

Call / SMS :
08995535504 – 081227932233
Blackberry 26D67C5B
Email : womaninvestment@gmail.com

CONTOH ANALISIS AUTOCHARTIST

2016-06-20_061109